Catatan Relawan Suriah: Yang Dibutuhkan Rakyat Suriah

Setelah melihat kondisi saudara-saudara kita di Suriah, kelihatannya yang paling mendesak untuk segera dipenuhi:

1) ULAMA DAN PARA USTADZ: karena kita dapatkan banyak sekali kaum muslimin Suriah tidak mengetahui perkara yang mungkin bagi kita suatu masalah sederhana, seperti kalau selesai kencing maka harus beristinja’, pentingnya sholat berjamaah, pengagungan sunah-sunah Nabi dan lain-lainnya. Jangan sampai kita bisanya hanya berkomentar saja, dengan mengatakan ‘di sana banyak sekali bid’ah, banyak penyelewang syariah’, tapi tanpa memberikan solusinya. Semoga ada saudara kami, para ustadz dan penuntut ilmu yang mau mewakafkan ilmu dan waktunya bersama-sama dengan kaum muslimin Suriah.

2) MOBIL AMBULANCE DAN TIM MEDIS: yang bisa berpindah-pindah dari tempat ke tempat, dari kamp pengungsi ke kamp yang lainnya, dan banyak pelayanan kesehatan yang lainnya. Kenapa kami lebih memilh ambulance karena lebih efektif dan cepat dalam geraknya daripada rumah sakit lapangan, kami berharap kepada donatur ada siap untuk membantu pengadaan kebutuhan ini.

3) LAPANGAN PEKERJAAN: pemberian bantuan kepada pengungsi berupa bantuan usaha atau menciptakan lapangan pekerjaan untuk mereka, karena kita tidak tahu kapan berakhirnya masalah Suriah, sementara mereka tidak mungkin terus menerus bergantung dengan bantuan.

4) SEKOLAH-SEKOLAH DARURAT: karena sejak peristiwa Suriah meledak, sekolah-sekolah semua tutup, anak-anak usia sekolah semuanya libur tanpa batas, lebih parah lagi di kamp-kamp pengungsian, anak-anak berubah menjadi liar, setiap orang asing yang datang selalu dimintai uang, satu lira… satu lira katanya! orang-orang Nasrani menggunakan kesempatan ini untuk bergerak di kamp-kamp pengungsian dan mendirikan sekolah-sekolah darurat di tempat-tempat tersebut.

Kota mati akibat perang

Kota mati akibat perang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *