Catatan Relawan Suriah: Hari ini Anda Berbuka dengan Apa?

5 Agustus 2013

Setiap diantara kita pasti akan merasa bersuka cita ketika mendengar suara adzan magrib tanda waktu berbuka dan masuknya waktu sholat magrib. Berbagai macam masakan dan minuman ada di hadapan kita, tinggal kita pilih apa yang menjadi kesukaan kita. Inilah kegembiraan kita, kaum muslimin yang berpuasa ketika menyambut waktu berbukanya. Kegembiraan inilah yang dikabarkan baginda Nabi yang mulia kepada kita, kegembiraan bagi orang yang berpuasa ketika menjumpai waktu berbukanya.

Bangunan rumah yang terkena hantaman bom barmil

Bangunan rumah yang terkena hantaman bom barmil

Tapi tidak bagi saudara-saudara kita di Suriah…

Di desa Balyun, kota Jabal Zawiyah, provinsi Idlib, sebuah keluarga, suami, istri, anak-anak dan sanak saudara yang lain yang berjumlah 12 orang, ketika mereka duduk-duduk di ruang tengah rumah mereka untuk menunggu waktu berbuka. Tiba-tiba datang helikopter tentara rezim Basyar Asad dengan membawa bom barmil, kemudian menjatuhkannya di tengah-tengah mereka. Bummmm!

Terdengar ledakan keras, rumah mereka bergetar hebat, debu beterbangan dimana-mana, potongan tubuh terlempar kesana kemari, ruang tengah rumah tersebut bersimbah darah. Tidak ada satu nyawa-pun yang tersisa hidup di ruang itu, hanya dalam hitungan detik! Inna lillahi wa inna ilahi roji’un.

Potongan kaki anak kecil korban bom barmil

Potongan kaki anak kecil korban bom barmil

Kata “BARMIL” adalah kata yang sangat ditakuti oleh sebagian besar kaum muslimin Suriah, karena maknanya adalah bom yang berbentuk tong, beratnya sekitar 150-250 kg. Apabila dijatuhkan dari jarak 4-6 km maka kekuatannya berubah menjadi berton-ton dan akan menghancurkan apa saja yang ada di bawahnya.

Penampakan bom barmil

Penampakan bom barmil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *