Penyaluran Bantuan untuk Idlib (Catatan Perjalanan Relawan Yufid dan Peduli Muslim)

Kamis 26/07/2013 (Bantuan Idlib II)

Hari ini rombongan memulai perjalanan pada pukul 08.00 pagi waktu Suriah. Tempat pertama yang kami datangi adalah sebuah gudang yang digunakan untuk menampung lebih dari 100 paket bahan makanan yang sudah kami siapkan pada hari sebelumnya. Kami dibantu oleh warga lokal yang senantiasa mengantarkan kami ke berbagai tempat untuk mengalokasikan bantuan.

Bantuan yang kami sebar masih seputar Idlib. Walaupun Idlib termasuk kota kecil, tetapi wilayah sekitar Idlib cukup luas sebagaimana D.I.Yogyakarta yang meliputi Gunung Kidul, Sleman, Bantul dan Kulon Progo. Oleh karena itu penyebaran bantuan kali ini cukup memakan waktu dan diserahkan secara simbolis.

Sembako Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Suriah

Sembako Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Suriah

Kebanyakan tempat yang kami kunjungi adalah sekolah sekolah yang menjadi tempat pengungsian bagi warga yang terimbas perang, baik yang rumahnya hancur maupun yang kepala keluarganya meninggal akibat terkena ledakan bom dan lainnya.

Sekolah Menjadi Tempat Pengungsian Rakyat Suriah

Sekolah Menjadi Tempat Pengungsian Rakyat Suriah

 

Bantuan Kemanusiaan untuk Anak Suriah

Bantuan Kemanusiaan untuk Anak Suriah

 

Bantuan Kemanusiaan untuk Anak Yatim dan Janda Suriah

Bantuan Kemanusiaan untuk Anak Yatim dan Janda Suriah

Selesai membagikan bantuan, kamipun pulang menuju tempat persinggahan pada pukul 16.00 waktu setempat. Sambil menunggu berbuka, kami beristirahat di Masyfaa (bilik pengobatan (rumah sakit kecil)) dan mengobrol dengan anak anak muda yang tinggal di sekitar Masyfa tersebut.

Waktu berbukapun tiba dan kami diajak untuk berbuka di rumah anak muda yang tinggal berdekatan dengan Masyfa. Sekali lagi kami mendapatkan penghormatan sebagai tamu oleh orang arab. Kami dapati bahwa orang arab Suriah sungguh sangat luar biasa dalam menjamu tamunya. Walhamdulillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *